Jogja, yang kata orang romantis di setiap sudutnya

by - 20 September


Gue lagi di perpustakaan kampus, belajar lalu internetan, bacain blog-blog orang sambil dengerin lagu dan mulai memperhatikan keadaan sekitar yang sudah mulai sepi, cuma ada beberapa orang yang masih sibuk sama aktivitasnya disini.

Jarum jam sudah nangkring di 20:45 (WIB, WITA, WIT, gue engga tau)

Etah apa sebabnya, tiba-tiba aja gue inget Jogja


Kota tempat gue tumbuh selama satu tahun belakangan ini, tempat gue ketemu orang-orang baru yang keren-keren, tempat belajar banyak hal, kota tempat gue belajar berorganisasi, dan juga kota yang bikin gue mengerti bahwa ternyata passion gue adalah di dunia sosial eaaa, gue engga tau gimana lagi harus mendeskripsikan kota ini. Ah gue rindu Jogja, *buset banyak banget "Gue" nya.

(Kebelakang sedikit) Gue masih mandangin keadaan sekitar yang makin sepi, cuma ada satu mas-mas duduk didepan dan langit pun udah malam *Udah mau masuk autumn, jam 20.30 dah mulai gelap coy*, tapi posisinya gue sekarang lagi pewe banget plus dengan mager-nya.


Dan lalu,,,,terketikalah postingan ini.


Well, gue merasa beruntung sekali karena dulu orang tua engga ngasih ijin ke anak perempuan mereka ini untuk pergi ke Jakarta dan malah di berangkatkan ke Jogja. Gue bersyukur mereka melakukannya. Mengantar lalu memberi kepercayaan penuh atas gue untuk mengurus diri sendiri di perantauan, dan kala itu,,,

Untuk petama kalinya,,, gue berada sangat jauh dari keluarga.

Jadi anak rantau itu awalnya engga mudah buat gue, rasanya seneng di hari-hari pertama kedatangan tapi setelah orang tua pulang, gue kesepian, teman di tempat kursus pun cuma sedikit karena satu kelas cuma tiga orang, anak-anak di kost juga individualis banget.

Akhirnya, gue mencari alternatif lain yaitu gabung di komunitas (Jogja itu surga nya komunitas dehhh), engga tanggung-tanggung, gue gabung di lima komunitas. Dua komunitas sosial, satu komunitas blogger dan dua sisanya di komunitas film. (Walaupun akhirnay gue cuma aktif di tiga komunitas). Di komunitas film juga gue ketemu sama Pacar gue yang sekarang, gue lebih seneng menyebutnya "Partner in life" sih, eaaaaa

Dan,,,gue bernostalgia. Jadi keinget kalo gue sama pacar gue lagi bingung mau jalan kemana, kita motoran ke malioboro, parkir motor lalu jalan kaki nyusurin malioboro, atau jalan kaki dari malioboro ke alun-alun kidul, atau naik sepeda ke alun-alun kidul, kebayang engga sih dia bonceng gue genjot sepeda 1 jam dari kost gue ke alun-alun kidul. Cuapeee cooyy. Atau kita duduk di angkringan sambil makan gorengan (gue pecinta berat gorengan Jogja dah), kalau ke alun-alun kidul kita biasanya duduk di depan pohon beringin yang dua itu, sambil diskusi dan ngobrolin banyaak banget hal. 

Gue bersyukur, ketemu parter yang humoris, cerdas tapi engga menggurui dan enak banget di ajak diskusi, entah itu soal politik, lingkungan, soal sosial, masa depan, problem hidup, about human, atau tentang goal-goal in life, atau tentang project-project kita kedepannya dll. Ya ampunnn baper dah lol,


Skip skip skip.

Gue menyadari bahwa dari beberapa kota yang pernah gue kunjungi selama ini, Jogja lah yang paling nancep di gue. Dulu ketika orang bilang Jogja istimewa, gue biasa-biasa aja, sampai akhirnya ketika gue jauh dari Jogja, barulah gue ngerasain bahwa ya memang, Jogja itu istimewa, dengan segala keunikan dan ciri khas nya yang engga bisa disamain oleh kota lain, dengan budaya yang kental dan "Sopan" nya yang memukau.

Menyusuri jogja, malam hari, menikmati alunan angin, bersama partner yang tepat, ah, romantisnyaaa

You May Also Like

54 komentar

  1. Hahahahahha, dinikmati kalau kangen Jogja. Nanti juga bakalan balik Jogja lagi kan? :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. whehe iya mas, in sha Allah tahun depan berkunjugn ke jogja lagi koookkk, doakan aja yaa semoga diberi jalan buat bisa ke jogja tahun depan.

      Aminnn hehe

      Hapus
  2. Tulisan kangen Jogja, padahal Jogja bukan hanya Jogja. Namun, kota lain yang menyokong di sekitarnya. Magelang, Klaten, Boyolali, Gunung Kidul, Kutoarjo dan juga... Solo

    BalasHapus
  3. Kalo kangen, ya balik dong. Kayak deket aja tong Prancis ke Indo. Wkwk.

    Berarti LDR dong sama pacarnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya LDR ,,,,kaya paris jogja itu sejam aja :P

      Hapus
  4. Haha, asikk. Nggk cuman jogjanya yg romantis, tulisan ini juga...

    Emng gitu ki', klo kita mrantau itu pasti2 satu atau tiga hari bawaannya ingat sama kampung halaman. Apalagi ingat sama si doi.

    Ya, jaga hati dn prasaan aja dsana ki', jngan smpai jatuh cinta sama orng prancis. Krna rata2 dari mereka ber-aura romantis kelas kakap!

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue udah sbeulan lebih di sini inh, masih aja ke inget kampung halmaan haha

      iya nih orng perantis romantis banget, kaga nahan

      Hapus
  5. Betah amat di perpus ?? Mas masnya ganteng ya?? Eaa...

    Sejam?? Buset daahh...

    Iya, Jogja romantis kalo sama partnernya lah kalo jomblo?? Ngeliatin orang pacaran nyesek eeh apa sih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya rum ganteng ganteeenggg haha lumayan kan ya bisa cuci mata pas lg capet mata gue kalo dah kelamaan baca eaaaa

      nikah dulu deh rum, biar pas di malioboro ada pasangannya lo :p

      Hapus
  6. Lu kuliah di masa sih? Beneran di Paris? Wah... Eh, di mana? :D

    Emang hidup itu kek gitu. Waktu deket, rasanya biasa aja. Pas udah jauh, baru deh, nemu feelnya dari tempat itu. Karena, orang itu gak akan kangen kalo dia ketemu terus.

    Nah, sekarangkan udah jauhan. Jadi, baru deh, ngerasain bahwa Jogja adalah tempat terbaik yg pernah lo tuju. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan di parisnya. Di kota caen. 3 jam dri paris.

      Hapus
  7. sebelum gue ke jogja, gue juga biasa aja sama jogja, nah, pas udah ke jogja nih, udah menulusuri jogja bersama, gue baru tahu jogja beneran istimewa. bersamaan dengan itu juga gue tahu, kalo buat gue jogja istimewanya hanya dua malam, sisanya cuman kesedihan :)

    anjir, ini apaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. laahhhhh kok lo curhat banget sihhhh :P coba dibikin positngan deh san haha

      Hapus
  8. Saya kuliah di Jogja. Inginnya setelah kuliah pulang ke Jombang. Ee, di akhir kuliah ketemu gadis Jogja. Maka, sampai sekarang akhirnya saya tinggal di Jogja. Dulu, jaman kuliah, saya suka bersepeda dari kost, sendirian, menyusuri sudut-sudut Jogja. Ketika menemukan sudut yang sreg di hati, berhenti, duduk, lalu menulis puisi. Setelah sampai di kost, puisi-puisi itu diketik rapi, lalu dikirim ke Bernas, Minggu Pagi, Kedaulatan Rakyat, maupun koran-koran terbitan Jakarta. Dari honor puisi itulah untuk tambahan uang makan, traktir teman, dan lain-lain. Jogja memang indah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhh sama kita mas,,, bedanya kalo aku ketemu cowo disini, masnya ketemu cewe kan ya hehe..

      wah hebatyaaa kalo udh sampe masuk koran, puisiku blm pernah masuk koran mas hehe

      Hapus
  9. Weh, baca tulisannya, gue jadi pengen ke jogja ne, haha :-)

    BalasHapus
  10. jogja yang romantis mungkin memang benar adanya.
    untukku, ada seseorang dengan kenangan di kota istimewa itu
    walau mampu, sayangnya aku tak bisa tuk menemuinya.

    eaaa malah curhat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. eaaaa bikin postingan gih sana lo :p emang romtiss jogja ah

      Hapus
  11. Same hereeeeee
    Hidup anak kos!

    wkwkwk

    Ahh jadi pengen ke jogja

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo ayo ke jogjaaa,,,, ntar kita main bareng *lah kaya gue di jogjaa aja haha

      Hapus
  12. Semoga semakin sering jauh dr ortu bikin kita tambah setrong yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. aminnn lo yang semangaaat kuliahnyaaa yaaaa

      Hapus
  13. Jadi kangen banget gue sama kota jogja . Terakhir gue ke jogja itu tahun 2014 lalu , gue seneng banget disanatuh orang orangnya ramah ramah , gak pelit senyum dan masih banyak deh perilaku positifnya . Apalagi tempat wisata nya , banyak banget disana . hemmm :( . Kalo ada waktu dan biaya yang lebih mudahan bisa kesana lagi :) amiin .

    BalasHapus
    Balasan
    1. aminnnn semoga lo bisa kesana lagi, dansemoga gue juga bisa kesana lagi thaun depan hehe

      Hapus
  14. Jadi kangen banget gue sama kota jogja . Terakhir gue ke jogja itu tahun 2014 lalu , gue seneng banget disanatuh orang orangnya ramah ramah , gak pelit senyum dan masih banyak deh perilaku positifnya . Apalagi tempat wisata nya , banyak banget disana . hemmm :( . Kalo ada waktu dan biaya yang lebih mudahan bisa kesana lagi :) amiin .

    BalasHapus
  15. Yes. Kehilangan dan kerinduan hanya akan terasa saat kita mengalaminya, tidak terkecuali untuk kampung halaman. Apalagi kalau anak Rantau. Bakal kerasa rindu banget lah ke kampung halaman hehe.

    Kunjungan pertama nih. Woohoo salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah salam kenal jugaaaaa son ,,gitu kan manggilany ya :P

      Hapus
  16. Pantesan ngilang, ternyata kamu di deket-deket Paris toh, Res. :))
    Waiya, Jogja tentu memang kota yang paling istimewa. Banyak banget kenangan di situ. Apalagi tiap malem ke Alun-Alun Kidul. Rasanya sungguh membahagiakan. Seru-seruan jalan dengan mata tertutup melewati beringin kembar. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah lo pernah ke jogja juga yaaa,, kapan kapan main lah bareng kita di jogja yog

      Hapus
  17. Jogja memang selalu menyimpan kenangan yang susah untuk dilupakan ya apalagi kalau ada yang disayangi disana pasti bakal kangen berat tuh mbak, gkgkgk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kang, makannya jogja berkesan banget deh hehe

      Hapus
  18. jogja dan bandung itu kota yang pengin banget gue kunjungin. temen2 gue rata2 kuliahnya di jogja dan selalu iri tiap mereka upload foto di ig soal hal2 berbau jogja. semoga ada rejeki dan kesempatan buat ke sana. heu.

    kunjungan pertama deh ini kayaknya. salam kenal :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya salam kenal jugaaa :D

      wah gue belum pernah ke bandung, kapan kapan kalo ada duit lebih gue main kebandung deh

      Hapus
  19. Kemarin Prancis, sekarang Jogja. Waduh, keindahan kota bakal banyak dieksploitasi nih. Hahaha. Jakarta gimana? Masih banjir sama macet aja di sini. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ehahah engga ko gue cuma taunay prancis atau jogja doang. Jakarta? Hmmmm ga betah guee

      Hapus
  20. Hawwwwww ku napa ikut baper bacanya.
    Aku belum pernah ke Jogja. Sekalipun ada event sekolah untuk study tour tapi orang tua nggak ngijinin. Pengen gitu ke sana karena Jogja tuh menurutku bikin damai aja diliatnya. (?) :'D
    Waaah Jogja tempat teh Reski bersosialisasi lebih dalam, kota cinlok pula... Rezeki banget. Semoga aja doinya jodoh di pelaminan ya teteh :) aamiin
    .
    Btw tuh perpusnye bikin damai diliatnya. Elegan. Di kotaku perpusnya kecil dan cukup redup.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aminnnnn semoga jodoh gue yaaa diaaa... doain aja semoga bisa sampe pelaminan secepatnya hehe.

      Gpp. Masih mending dripada engga ada sama sekali kan. Hehe

      Hapus
  21. akh jadi ikutan kangen jogja, terakhir kesana sekitar 3 tahun lalu ;(

    Budy | Travelling Addict
    Blogger abal-abal
    www.travellingaddict.com

    BalasHapus
  22. Aaaaaakh :D yang banyak kenangannya di Jogja :D sini sini main ke Jogja lagi, Mbak :D siniii :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh lu di jogja ya sekrng tinggalnya? Wahhh

      Hapus
  23. Heum ada apakah dengan perpus sampe kamu betah gitu :-D mungkin karena penjaga nya unyu-unyu yah,,, hayoo ngaku :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada mas mas cakep banyak disni wkekeke penjaganya mah tua tuaaa :(

      Hapus
  24. ke jogja ya, udah ke bukit bintangnya belom? gue suka tempat itu ... keren banget tempatnya apalagi kalo malem-malem datengnya, kemaren waktu kesana ada bawa gandengan sih, iya cowo, so swit banget :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih tepatnya gue tinggal di jogja. Serig mah ke bukit bintang gue.

      Hapus
  25. selalu ada cerita dan kenangan di jogja.. dan magisnya saya selalu pengen balik lagi ke jogja.. aneh memang aneh.. dan potingan ini bikin saya pengen cuti buat liburan ke jogja.. huhuhu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wehhhhh sampai gitu haha,,,, jogja mahemang hmmmm asyikkk

      Hapus
  26. Gue suka banget ke Jogja. Di sini tempat oma gue ngajar jadi dosen, sampai meninggal beberapa tahun lalu. Warganya emang ramah banget. Yang paling gue suka itu di pengendara motor di sini nggak ada yang berhenti di atas zebra cross saat lampu merah. Kalau pun ada, ya paling 'pendatang'. Beda sama di Jakarta, hampir semua orang berhenti di atas zebra cross. Bagi beberapa orang nganggepnya hal remeh, tapi gue seneng aja liatnya. Suasananya bikin betah. Kepingin balik melulu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa bener bangettt wkekek jarang orang berenti di zebra cros, kalaupun ada kepept njuk mreka mundur lagi

      Hapus
  27. Sebenarnya ane keturunan orang Jogja ( bapak asli Bantul ) #SiapaYangNanya.
    Tapi ane ke Jogja jarang-jarang mah :-(
    Terakhir kemarin ke Kulon Progo. Itu pun nggak mampir di rumah saudara disana.
    #IniKokCurhat.Ya
    Hahaha..
    Tapi emang bener Jogjja istimewalah. Adat dan budayanya masih kentel melekat disana :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kulon progo manteppp massss,, hehe aku pernah dulu kesana ke danau yang ali iru itu lho heheh

      Hapus