Idul adha mengejutkan

by - 24 September

Pict dicomot dari sini

Idul adha kali ini punya kesan tersendiri buat gue karna ini pertama kalinya di perayaan besar umat islam gue melewatinya dengan sebatang diri (atau kara?) dan kalian tau rasanya? ahh gak perlu dijelasin deh. Ketika orang lain ngerasa excited dan senang, gue? jujur gue ngerasa biasa-biasa aja, gue bahkan bangun kesiangan dan gak sholat ied. Iya gak sholat ied. Kenapa? karna..

1. Gue gak mau sholat ied sedirian.
2. Ketika orang lain jalan menuju masjid dengan kerabat dan keluarga tersayangnya, gue jalan sendirian, tak syangguupp diriku...
3. Mesjid UGM yang pengen gue jadikan tempat sholat ied kali ini, jaraknya sekitar 1 km dari kost. 

Gue bangun sekitar jam 5 pagi karna adzan subuh, lalu setelahnya kembali tidur dan baru benar-benar berdiri dari kasur jam 8 pagi,
setelah bangun gue langsung buka laptop buat ngecek blog. Beberapa menit kemudian sepupu dari Banjarmasin nge-line.

"Ki, sholat dimana?"
"Enggak sholat, baru bangun"  Setelahnya kita pun video call-an. Oiya, kebetulan waktu itu sepupu gue lagi ngumpul sama keluarga disana, termasuk orang tua gue juga ada. tapi emang dasarnya jaringan itu semena-mena, video call-nya sendat minta ampun. Tapi ya lumayan lah mengobati kesepian diriku pagi ini whehe.

Seperti biasa, gue masak, main laptop, terus jam 1 siang gue makan pagi, pagi? Setelahnya gue tidur dan bangun jam 3 sore. Lanjut lagi main laptop sampai suara bapak kost memanggil

"reski,,,reski" 
"oh iya pak" 

Gue gak langsung keluar kamar kost, tapi justru lari ke dalam wc ngambil kain. Karna ini terdesak jadi susah rasanya kalo harus pake jilbab segala. Akhirnya kain pantai yang gue beli seharga 15 ribu-an lah yang menjadi pelampiasan buat menutupi diri ini. Asik. 
Ternyata eh ternyata gue disuruh ngambil piring karna ibu kost udah masak daging sapi segentong buat di bagiin ke anak-anak kost. Mati kutu deh gue, gue paling gak suka sama daging sapi, bahkan kalau mama dirumah bikin masakan semisal masak kari, kari telor dan kari daging sapi. Nah kuah kari telor nya gak dicampur sama kuah kari daging sapi, karna kalau dicampur gue pasti gak mau makan. Alhasil mama selalu masak kuah nya terpisah. Ribet banget kan jadi orang tua gue? Dan kadang kalau mama lagi ngerebus daging sapi, gue pasti langsung mual-mual karna gak tahan nyium aromanya.

silahkan dicerca-cerca gambar yang noise ini :(

Tapi, walaupun gak suka daging sapi ya tetap aja gue terima masakan ibu kost karna gak enak kalau ditolak. Setelahnya gue balik masuk ke kamar, gue pandangin ini daging, langsung gue buka jendela karna gak mau aromanya kebekap dalam kamar. Aromanya sih enak, pas banget gue emang lagi laper, tapi sayang ini daging sapi. 

Setelah sekian menit mandangin masakan ini, tiba-tiba gue jadi makin ngiler terus ngomong ke diri sendiri "Ki kalau gak nyoba gak akan tau loh, masa makan makanan yang di comfort zone mulu sih! ". Akhirnya gue memberanikan diri untuk nyicip sedikit kuahnya, "wah enak", lalu dilanjutkan dengan nyicip dagingnya "Hmm not bad", dan endingnya gue ambil nasi lalu makan dengan lahap :D

Jadi intinya gue mau bilang ternyata daging sapi rasanya juga lumayan enak, walaupun belum berhasil bikin gue jadi tergila-gila sama daging ini. 

Sekian dan terima kasih :D

You May Also Like

89 komentar

  1. Dulu aku ya pernah shalat Ied sendirian. Tapi bukannya klo pas idul Adha biasanya anak2 kos pada nggak pulang ya? Kan bisa shalat rame2 sama mereka? Jadinya kan nggak terasa sendirian gitu.

    Wah, aku kira nggak bisa makan daging sapi karena alergi makan hewan berkaki 4 (ada temenku yg gitu). Kalau nggak suka dikasih ke pemulung aja mbak, ditambah dibeliin bungkus nasi putih + sayur di Warmindo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebetulnya awalanya idul adha ini ane berencana mau balik sekalian buat ngurus keperluan, tapi gak jadi hehe. di kost ane mah orangnya individualis gannn, lo lo gue gue...ane temen akrab malah temen dikomunitas dan temen di tempat kurus, dan yang paling akrab temen di tempat kursus, tapi mereka non, gak mungkin kan ane ajakin sholat ied wkwkw

      rencananya sih gitu, pengen dikasih kepemulung sekitar sini tapi ini daging nya udah tak makan karna enak wkwkw

      Hapus
  2. bosen juga ya ngerayain idul adha di kostan, gak kebayang kalo gue jadi lo apa yang bakal gue lakuin dihari yang istimewa ini. Kalo dirumah sih palingan gue juga ujung2nya pergi kerumah sodara buat sekedar ngumpul. Btw baik juga yah ibu kost lo ngebagiin daging sapi yang udah dimasakin gratisan gitu ke anak2 kost lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya baik banget, sama ditawarin nasinya juga lagi hehe...kalo gue dulu waktu dikampung halaman gak pergi kerumah sodara karna rumah guelah yang jadi basecamp buat ngumpul-ngumpul hahah

      Hapus
  3. Dading sapi emang enak Mbak, apalagi kalau di rendang kayak masakan pandang, wuihhh maknyosss.. Haha alesan tuh ya gak sholat ied karena sendirian.. hehehehehehehe :) Kalau bahasa Prancisnya selamat hari raya idul kurban apa Mbak? :) Kalo daging domba atau daging kambing saya bukan gak suka ya, tapi kadang suka pusing ya kalau kebanyakan, kalau daging sapi itu proteinnya bagus ya Mbak jadi suka bingits kalo saya mau dikari mau diapain juga, hehehehehehehehehehehehehehehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. la fête de l'aïd-el-kébir gan setau aku hehe. aku mah mau sapi, kambing, atau domba tetep aja gak suka, kecuali ini nih waktu nyobain daging sapi tadi, lumayan suka lah..kalo aku lebih suka minum susu sapi mas, enaaak seger

      Hapus
    2. Bagus ya bahasa Francisnya, harus sambil dimonyongin ya Mbak mulutnya pas mengucapkannya, hehehehe, yups susu sapi selain enaaak seger juga sehat ya,,,, siiiiippp Mbak :)

      Hapus
  4. Hahaha emang kenapa gitu awalnya bisa gak suka sama daging sapi? Anyway, salam kenal yaa. Baru pertama main ke sini nih. \:D/

    BalasHapus
    Balasan
    1. enggak tau juga kenapa kok bisa gak suka daging sapi padahal dulu waktu masih TK suka kok haha.

      salam kenaall gaann

      Hapus
  5. Saya apa apa kok doyan ya mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. uh kalo aku gak semua didoyan in,,,daging cuma doyan daging ayam hehe

      Hapus
  6. Balasan
    1. cie yang sendirian tapi ngejek sendirian :P

      Hapus
  7. Kalimat terakhir. "GADING"

    Gilaakk..
    Keras banget tuh. Sungkem gue. Lu makannya gading!

    BalasHapus
    Balasan
    1. whahah anjaaassss typo gueeeee :p maafin yeeehhh

      Hapus
  8. Rezeki mah jangan ditolak. Baik juga ibu kosnya. :D

    Haha, aneh amat nggak suka daging sapi. :p
    Dulu gue juga gitu, sih. Nggak tau kenapa, cuma suka sama ayam. Sapi nggak begitu. Apalagi kambing. Enek. Pertama kalinya suka daging sapi karena makan bakso. Ya, alhamdulillah sekarang sapi mulai suka. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kalo daging sapi dalam bentuk bakso gue malah doyaaan banget,,,tapi selain itu gue angkat tangan deh hhahaa, mungkin karna daging sapi di bakso itu rasanya gak ketara, makanya gue doyan

      Hapus
  9. katanya kalo bangun pagi itu ngga boleh tidur lagi ky, kalo tidur lagi bisa-bisa jadi pelupa. itu katanya sihh...

    emang ngga seru banget di hari besar islam ngga kumpul sama keluarga, mungkin tahun depan kamu nisa kumpul sama keluarga lagi hehe, baru kali ini ya ngga kumpul sama keluarga atau pernah sebelumnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa iya bakal jadi pelupa? pantes gue semenjak bangun pagi terus tidur lagi, semenjak itu gue jadi suka lupa nama-nama orang baru (sumpah loh ini beneran)

      iya tahun depan idul fitri balik ke bjm gue mi,,ini pertama kalinya makanya raasanya ahh gak usah dijelasin deh :( hahaha

      Hapus
  10. Baru masuk ke halaman utama blog ini sudah merasa asik, mungkin karena headernya ke-paris-paris-an gitu kali ya, hehhee.

    Ya masih mending di Idul Adha bisa ngerasain daging sapi, saya tahun ini gak ada ngerasain daging sapi hasil qurban, paling mentok daging rendang di masakan padang.

    Jadi disyukurin aja, dan sukses bisa nyobain dagingnya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh bisa aja nih bikin gue senyum-senyum sendiri hahaha.

      iya seneng akhirnya untuk pertama kalinya suka daging sapiiii...
      kok gak ngerasain daging kurban toh mas? gak kebagian apa gimana?

      Hapus
    2. Hehehehe.. iya nih tahun ini kebetulan gak kebagian. Mungkin masih ada yang lebih membutuhkan daripada saya.

      Hapus
  11. Haaaa, tau gitu sholat Ied bareng haaaa. Lagian kalo ke maskam ugm cuma jarak 2km, terus kalo ke maskan UIN tinggal loncak aku kakakkka

    BalasHapus
    Balasan
    1. ihhhh kamu gak ngasih tauuu siihhh,,coba aja bilanggg kan bisa bareng perginya :D

      bearti kostmu daerah deket uin yang sapen itu yah?

      Hapus
    2. Papringan heee, weh jangan-jangan kos kita dekat haaaa

      Hapus
  12. Ngmngin sholat Ied.. Aku malah sekeluarga pada gak Sholat Ied smua. Kesiangan. Wkwk. Baru bangun jam stgh 6 lwt 5, sdgkan masjid dket rmh mulai sholatnya jam stgh 7. Jd gak keburu :'D Tp ttep sholat subuh, abs itu tdr lg. Aku bgn2 lg jam set 9. wkwk

    Iyaa, yg penting mah terima dulu ya, soal mau makan apa enggak trserah kita, yg penting ngehargain yg udh ngasih :) Bu kosnya baek yahh:D Waahh.. Ada2aja gak doyan daging sapi. Kalo kambing doyan jg? Jd slama ini gak doyan karna blm prnah nyobain yah? Padahal kan wangi masakan yg dibikin dri daging sapi itu bikin ngileeerrr buaangeeett...
    trnyata pas udh nyobain ketagihan jg kan? :p

    Kalo mamaku lebih aneh lg, gak demen mkan daging kurban. Tp kalo bkan idul adha mah doyan aja makan daging. Pdhal mah sama2 jg gtu daging sapi. WKwk. Aneh bener dah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduuuhhh aku gak sholat, kamu lebih parah lagi ternyata wkwk iya kita sama kok habis subuh tidur lagiii wkwk

      iya soalnya gak enak ditolak kaya gak sopan gitu keliatannya..wah kambing yah? jangan ditanya kalo itu mah...aku seumur hidup belom pernah nyoba daging kambing, gak berani whahaha...ketagihan aroma masakannya enak buanget..

      nah mamahmu lebih aneh lagi, tapi aku juga aneh loh, aku gak suka daging sapi kan, tapi aku doyan banget sama bakso daging sapi wkkw

      Hapus
  13. Waduh, itumah udah ngga niat solat ya.. hahaha. datang aja sendiri untuk sholat ied, siapa tau balik solat udah berduaan.. :P
    hari gini ngga suka daging sapi... saya malah ngga suka ikan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu yang gue gak kepikiran...siapa tau pas dari masjid ku yang awalnya sendiri terus baliknya berdua kan untung...

      nah lo lebih aneh lagi gak suka ikan :p gak suka nasi juga ga? wkwk

      Hapus
    2. Alhamdulilah nasi masih doyan, Ngga suka ikan karena alergi,,, padahal mah suka banget :3

      Hapus
  14. kalau sya sih nggak suka kambing. karena baunya itu susah hilang walau udah di masak juga.

    tapi ngekost di sana enak ya.ibu kostnya baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. ane kalau kambing belum pernah nyicip gan, gak bberani, takut gak suka haha iiya baik haha

      Hapus
    2. iya, emang kambing kurang enak
      tapi anehnya banyak yg suka apalagi sate

      Hapus
  15. sungguh keputusan yang bijak... menghargai perasaan ibu kost :-)
    daging sapi emang enak... aromanya juga enak... apalagi kalau sapinya sapi lada hitam, nendang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ntar deh kkapan kapann gue nyicip yang sapi lada hitam apa bakal nendang juga di mulut gue atau enggak haha

      Hapus
  16. Sayang sekali selama ini baru nyobain daging sapi >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku cuma suka daging sapi dalam bnetuk bakso mba wwk dulu waktu kecil pernah, tp gak suka jadi sejak itu gak berani nyoba lagi...baru kemare nyobalagi setelah dikasih ibu kost

      Hapus
  17. daging sapi enak ko apalagi dimakain sama mamah tercinta :)

    BalasHapus
  18. kalau kau bilang daging sapi itu enak, aku takut akan daiging, aku vegetarian

    BalasHapus
    Balasan
    1. seirus vegetarian...wah keren aku dari dulu nyoba jadi vegetarian tapi belum bisa juag hehhe

      Hapus
  19. wahhh, ibu kostnya baik. ibu kosk gue juga gitu, masak daging banyak buat di bagiin ke anak kostnya yang cowo2 ini. nggak ada pantangan dah, dagingnya di gulai pula, syedappppp ^^

    salam kenal balik ya, asik anak UGM nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jiah gue bukan anak UGM kaliiii :p cuma sering ke UGM aja wkwk serius deh gue bukan anak UGM

      salam kenal balik lagi yah *loh

      Hapus
  20. Aku sudah beberapa kali shalat ied di tanah perantauan, tanpa keluarga. Sedih banget rasanya..

    Aku sukaa banget daging sapi, kalo ada orang yang gak suka itu rasanya aneh. Hidup kamu kurang bahagia tanpa daging sapi Ki.. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk ada-ada aja, hidup aku tetep bahagia kok tanpa daging sapi rumm :p

      Hapus
    2. Tapi kebahagiaan kamu kurang sempurna tanpa daging sapi Ki.. Hahaha

      Hapus
  21. Apa emang Hari Raya buat anak kos begini ya? Syedih amat... :((

    Kok bisa sih anti sama daging sapi? Jarang banget. hehe. Salam kenal siss.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya emang begini, nanti deh coba waktu hari raya idul fitri lo ngekost sehari itu wkwkw

      gak tau, gak doyan aja hehe salam kenal juga :D

      Hapus
  22. Wahh itubapa yaa...
    Apa bumbu kali ya
    Klo aku, sop sapiku uda mulai bikin eneg di hari k e3

    BalasHapus
  23. yah aku mah mba jangankan buat makan 3 hari, buat ngabisin satu porsi aja perlu perjuangan banget, gak doyan sebearnya aku hehe

    BalasHapus
  24. Kalau cuman idul adha mah gue udah biasa SENDIRI (Sengaja dikepslok), mo pulang kalimantan berat diongkos.hhha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalo gue kan belom terbiasa gan :p iya berat diongkos soalnya libur cuma sehari doang,,,apa-apaan haha

      Hapus
  25. Sama sih, aku juga gak terlalu suka

    Tapi rendang sama dendeng padang enak sih
    wkwkwk

    Selamat hari raya idul adha ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue gak pernah sampe sekarang nyicip rendang, karna pernah nyoba indomie rasa rendang, gak suak gue wkwk..

      selamat idul adha jugaaaakk :D

      Hapus
    2. Trust me, Indomie rasa rendang itu sama sekali nggak rasa rendang
      -____-

      BEDA BANGET

      Hapus
  26. Huaa hehehe mbak pratiwi lucuu....
    Saya juga idul adha sendirian di asrama pondok...semuanya pada pulang....
    Everything is gonna be ok aja mbaak sayaang...
    Hihii soal daging? Hua saya mah suka sapi ma kambing. Kecuali lidah sapi ditawarin masyarakat pondok yg ngk bisa saya telan

    BalasHapus
    Balasan
    1. panggil kiki aja mbak :p

      iya gonna be ok kok haha, kalo aku malah gak pernah berani nyicip daging kambingmbak wkwk

      Hapus
  27. Sama, aku juga gak makan daging sapi. Tapi karena vegetarian, hihihi. Selamat Idul Adha, ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah vegetarian , kalo aku emang kurang suka makan sayur sih hahaha cuma suka sayur dalam bentuk capcay.
      selamat idul adha

      Hapus
  28. Jadi udah tau kan kalo daging sapi itu enak? Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak sih enggak juga dilidah aku, soalnya dagingwa waktu itu ky alot hihihi tapi ya not bad lah mba

      Hapus
  29. makan daging sapi nya jangan sering sering kakkkkk......
    soalnyaaaaaa.....
    daging mahal :D

    gilangwidii.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gak sering kok kemaren karna dikasih aja, nah itu untungnya gue gak suka daging, jadi gak perlu ngeluarin duit berlebih buat beli daging sapi wheheh

      Hapus
  30. 3 taun aku sholat idul adha di cikarang, di rantau, gak bisa menikmati seninya masak hewan kurban. dan taun ini aku malah sholat di makasssar krn ikut suami dines haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo aku baru satu kali ini ngerayaain idul adha di rantau, tapi insya Allah tahun depan pas idul fitri dikampung halaman kok hehe

      Hapus
  31. gak suka daging mba, saya malah demen banget :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gak suka mas, tapi kemaren waktu nyicip ya not bad lah dimulut, aku.. tapi seandainya ada daging ayam saat itu ya pasti aku bakal milih daging ayam hehe

      Hapus
  32. Ane suka sapi tapi ga suka Kambing ,,
    Ga tau kenapa rasanya ga suka aja ama kambing ,,
    banyak kenangan pahit bersamanya ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku malah belom prnah nyicip daging kambing loh, gak berani takut gak suka whaha

      Hapus
  33. saya juga sebelumnya kurang suka sama daging sapi mas soalnya suka keingetan darah sapinya pas disembelih jadi gamau makan, tapi kesini mah dimakan aja, soalnya memang lumayan enak sih, tapi masih favorite daging ayam sih.hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalo daging ayam mah soulmate nya gue banget ituuuhhh

      selamat berkunjung, saalam kenal yah :D

      Hapus
  34. oh iya salam kenal ya sama admin disini, saya baru berkunjung kesini soalnya :)

    BalasHapus
  35. hadeuh, teringat ketika saya masih kuliah juga dulu ne, terharu sampai ke lubuk hati. :)

    BalasHapus
  36. Hmm.. ternyata sebelumnya gak suka daging sapi ya. Tapi memang agak susah kalau punya ketidak-sukaan terhadap satu jenis makanan. Seperti halnya saya yang gak suka ikan rasanya sering dibuat mual :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu lah gan, waktu awal2 nycip ya kaya mual-mual gitu hahaha kalo ikan ane malah gak suka semua jenis ikan, cuma suka ikan tongkol dan ikan nila aja hehe

      Hapus
  37. sodara saya juga sama ga suka daging sapi katanya kasian pas lagi di sembelihnya kebayang terus, tapi sekarang dia udah nyoba rasanya eh jadi malah doyan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau aku bukan karna kasian mba tapi emang takut nyoba aja wkwkkw

      Hapus
  38. Hahaha, jadi inget. Kemarin aku nggak shalat idul adha karena halangan. 
    Dulu juga aku nggak suka daging sapi, lho. Tapi, semenjak ada rendang, aku coba, malah jadi suka. Rugi, lho, kalo nggak suka sapi. Daging sapi kan… mahal. Heu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah untung bearti aku gak doyan daging sapi, kan daging sapi mahal :p

      Hapus
  39. wah daging sapi kan jarang-jarang tuh nemu. Kalau ane demen karena katanya bagus ntuk menambah tekanan darah.
    yah nasib diperantauan ya... untung ada teknologi, jadi sebenarnya bisa video call sambil makan bersama. Pengen deh kayak gitu suatu saat, hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga terkabul yahhh,,,haha disaat gue pengen makan bareng lo pengen video call an bareng , mantap daaah

      Hapus
  40. wah jdi pengen makan hehehe.... enak kayaknya mbak hehe

    BalasHapus
  41. Wah kirain endingnya bakal dibuang makanan nya eh ternyata dilahap juga hehehe :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya soalnya gue laper dan baunya enak haha

      Hapus